Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Pro lingkungan dengan usaha tas bahan alami

Bidang usaha apakah yang tergolong awet dan tak pernah redup? Jawabannya ada dua, bidang fashion dan bidang makanan.

Ya, fashion dan makanan adalah dua hal penting yang pasti akan selalu ada dalam kehidupan manusia sampai kapan pun juga. Kali ini kita akan membagi informasi tentang peluang usaha di bidang fashion yang kali ini adalah tas. Tas wanita, tas anak-anak, tas punggung adalah sekian dari banyak jenis tas yang ada di pasaran. Kesemuanya memiliki keunikan dan model sendiri-sendiri. Biasanya tas-tas tersebut terbuat dari bahan kulit sintetis, kulit hewan asli (buaya, burung unta, ular dan sebagainya), kanvas, dan nylon. Ternyata masih ada satu lagi jenis bahan pembuat tas. Apa itu? Adalah bahan-bahan alami seperti goni, serat kayu, daun pandan, enceng gondok, batok kelapa dan sebagainya. Bahan alami ini jelas lebih eco friendly alias ramah lingkungan. Kebanyakan tas-tas seperti ini lebih murah biaya produksinya karena sebagian besar dikerjakan secara handmade. Jadi bisa dikatakan juga bahwa tas ini juga hemat energy karena tak membutuhkan lagi mesin-mesin yang digerakkan oleh bahan energi seperti listrik atau yang lainnya.  

Tas-Tas Eco Friendly 

Jika anda tertarik dengan tas-tas berbahan dasar alami, anda bisa mengembangkannya menjadi usaha yang menggiurkan. Mengapa menggiurkan? Karena boleh percaya boleh tidak pangsa pasar untuk tas ramah lingkungan semakin diminati di dalam negeri dan juga di luar negeri. Tas-tas semacam ini memiliki banyak kelebihan dibanding tas pada umumnya. Selain tidak merugikan lingkungan karena diambil dari bahan alami tidak seperti tas kulit terutama kulit hewan, tas ramah lingkungan ini juga biasanya lebih kreatif dalam hal model. Kreatifitas dalam tas ini akan memunculkan keunikan tersendiri. Harganya pun tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan tas-tas biasa. Jangan menganggap tas ini murahan karena anda bisa mencontoh dari keberhasilan produk Jute bags yang ada di Amerika. Walaupun terbuat dari bahan rami atau goni, tas tersebut tas yang cukup besar namanya di hampir setiap negara. 

Cara Memulai Usaha 

Lalu bagaimana cara anda memulai usaha tas seperti ini? Hal pertama tentu saja memilih bahan tasnya. Ada banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk pembuatan tas eco-friendly. Anda bisa memilih yang sekiranya ada di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Bisa enceng gondok, pandan, dan serat-serat kayu. Hal kedua, mencari pengrajin. Jika anda merasa kurang terampil membuat tas, coba serahkan hal itu pada pengrajin. Anda tinggal mendesainnya lalu memberitahu pengrajin untuk membuatnya. Jika budget anda belum memadai, cukup sewa satu orang pengrajin untuk membuat tas-tas ramah lingkungan ini. Bila sudah dirasa diterima masyarakat, anda bisa memperbanyak pengrajin anda. Lalu yang menjadi hal ketiga adalah selalu up to date mengenai trend, model, detail dan warna yang sekiranya disukai oleh konsumen di pasaran. Tambahlah referensi dari internet atau toko-toko tas yang ada. Lihat model apa yang tengah digandrungi dan bisa anda tiru modelnya dengan bahan-bahan alami yang sudah anda tentukan tadi di awal. 

Mempromosikan Produk Tas Eco Friendly 

Jangan lupa untuk selalu mempromosikan produk tas ramah lingkungan anda. Anda bisa mempromosikan melalui media sosial dan pameran-pameran usaha kecil menengah yang biasanya sering diselenggarakan di mal-mal atau tempat umum lainnya. Dan jangan lewatkan teman dan sanak saudara anda dulu sebagai target pertama anda berpromosi. Dari mereka inilah, anda juga akan mendapatkan sistem promosi yang lebih murah, yaitu dari mulut ke mulut atau bisa dikenal dengan sebutan getok tular. Manfaatkan gegap gempita ramah lingkungan atau Go Green yang tengah semakin marak diperbincangkan dan disukai. Momentum seperti ini adalah tempat terbaik untuk lebih mengenalkan produk tas bahan alami anda. Jika anda mengaku pencinta dan lingkungan dan selalu berusaha untuk menunjukkan bukti nyata, memiliki usaha tas ramah lingkungan ini bisa anda coba. Tularkan pada sesama pentingnya mencintai lingkungan dengan tas bahan alami produksi anda. Selamat mencoba dan teruslah mencintai bumi!