Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Ide bisnis pemanfaatan limbah toples menjadi keuntungan besar

Coba lihat di lemari dapur kita, ada berapa banyak toples bekas kemasan kue, permen dan lain sebagainya tersimpan di sana hingga karena memenuhi lemari dapur tersebut, toples-toples tersebut terpaksa dibuang.

Ketika kita membeli kue kering, biasanya kue kering tersebut telah dikemas dalam sebuah toples kaca, begitu pula ketika kita membeli selai (beberapa produk selai menggunakan toples kaca yang tahan lama dan bisa digunakan kembali), membeli permen atau produk makanan lainnya yang mengemas produk tersebut dalam toples-toples kaca yang cantik dan unik.

Biasanya karena sudah terlalu banyak toples-toples tersebut memenuhi lemari, maka dengan mudahnya kita membuang toples bekas yang sebenarnya masih dapat digunakan itu ke tong sampah. Bayangkan, jika satu rumah dalam sehari memiliki dua hingga tingga toples yang harus dibuang, ada berapa banyak toples-toples cantik itu memenuhi tempat pembuangan sampah?  



Bisnis Limbah Yang Menguntungkan 

Memang, toples-toples yang telah dibuang ke pembuangan sampah biasanya akan diambil kembali oleh para pemulung dan dijual kembali kepada pengepul yang akan menyalurkan toples-toples tersebut kembali ke berbagai perusahaan yang membutuhkan atau menjual kembali ke toko-toko yang membutuhkan banyak toples untuk berbagai keperluan. 

Ada harga yang didapatkan dari proses jual beli toples bekas tersebut dan ada keuntungan yang bisa dituai yang mungkin nominalnya tidaklah sedikit. Melihat peluang tersebut mengapa kita tidak ikut serta untuk menikmati keuntungan dari limbah yang dianggap tidak berharga ini? 

Pengusaha Toples Cantik

Bisnis toples cantik ini sebenarnya sudah banyak yang melakoni. Namun kebanyakan dari pebisnis tersebut malah mengambil bahan toples atau toples yang sudah dijual di toko-toko perlengkapan atau aksesoris. Pembelian toples sebagai bahan baku pembuatan toples cantik jelas akan mengurangi keuntungan yang didapat. Padahal toples-toples tersebut telah kita ketahui bahwa bisa kita dapatkan dari lemari-lemari dapur yang sudah kepenuhan isinya. 

Peluang usaha bisnis toples cantik ini terbuka sangat lebar. Lihat saja ada berapa banyak orang dalam sehari berburu toples cantik dengan hiasan unik dan menarik untuk berbagai keperluan seperti untuk wadah berbagai kue kering saat menyambut hari raya Idul Fitri atau Natal. 

Bahkan toples-toples cantik dengan hiasan pita dan renda ini juga seringkali digunakan sebagai hantaran pengantin, penghias kamar pengantin atau untuk menyimpan berbagai aksesoris seperti jepit rambut, lionton dan lain sebagainya. 

Terbukanya peluang bisnis toples cantik ini seharusnya bisa kita manfaatkan pula caranya: 

  • Mulai mengumpulkan toples dengan berbagai ukuran dan jenis baik dari rumah kita sendiri, rumah para tetangga yang ada di sekitar lingkungan kita atau meminta keluarga dan sahabat serta teman-teman kita untuk memberikan toples-toples yang tidak terpakai lagi kepada kita. 
  • Membeli berbagai renda, pita, pernak-pernik penghias toples yang nantinya akan kita gunakan untuk menghiasi toples-toples bekas tersebut.
  • Menguasai keterampilan dalam merangkai, menghias toples dan menciptakan kreasi baru yang unik dan berbeda.
  • Menciptakan berbagai toples hias yang berbeda dari toples hias yang sudah ada di pasaran agar pelanggan menjadi lebih berminat pada toples-toples hias yang kita produksi
  • Ciptakan sistem pemasaran yang kreatif untuk produk unik ini. Kita bisa menggunakan pemasaran melalui internet, menitipkan di toko-toko kue dan kerajinan atau kita bisa pula membuka stand penjualan di berbagai pusat perbelanjaan sehingga pelanggan lebih mudah untuk menemukan produk kita di pasaran. 

Kreasi Dan Inovasi Yang Terus Menerus 

Kreasi dan inovasi untuk terus membangun bisnis toples dari limbah ini perlu terus dilakukan. Hiasan masing-masing memegang peranan yang sangat penting dalam hal laku atau tidaknya toples-toples tersebut. Usahakan untuk menciptakan produk baru dalam jangka waktu tertentu untuk menghindarkan kebosanan dari pelanggan. Penjualan dengan sistem paket juga bisa dilakukan di mana kita memadu padankan berbagau ukuran toples dengan hiasan yang serupa di jual dalam keranjang rotan datar berbentuk seperti baki. 

Cara lain untuk membuat produk kita terus eksis di pasaran adalah menjalin kerjasama dengan produsen kue kering di mana mereka pasti membutuhkan berbagai toples untuk mengemas produk kue kering mereka.

Tentukan harga yang berbeda dari masing-masing sistem kerjasama yang sedang kita kembangkan. Misalnya saja adalah harga toples yang digunakan untuk bekerjasama dengan para produsen kue jelas jauh lebih murah daripada harga toples yang kita jual secara retail. Harga toples paketan biasanya bisa bervariasi tergantung tingkat kesulitan pembuatan hiasan yang digunakan. Yang pasti, karena kita menggunakan toples bekas yang notabene tidak ada modal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya, maka harga jual toples hias kita ini seharusnya juga lebih murah daripada toples yang sudah ada di pasaran, dan cara ini akan sangat efektif untuk mendapatkan apresiasi pasar terhadap berbagai produk toples hias kita.

Cara lain lagi untuk memasarkan atau memperkenalkan produk toples kita ini adalah dengan mengundang seorang wartawan dari tabloid yang memiliki cukup banyak pembaca. Mereka akan memuat bisnis kita sebagai bisnis inspirasi yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain sekaligus memasarkan produk yang kita hasilkan dengan cara gratis.