Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Eceng gondok, kreativitas yang menghasilkan karya cipta

Tanaman enceng gondok adalah tanaman gulma yang memiliki populasi paling besar di Indonesia karena kekayaan Indonesia akan aliran sungai, selat dan danau. Bahkan sebagai gulma, kecepatan pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman ini sangat luar biasa sehingga seringkali pemerintahan daerah harus bekerjasama dengan dinas kebersihan kota secara rutin untuk membersihkan gangguan enceng gondok yang mengganggu aliran air dan selalu disalahkan sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir.

Karena gangguan enceng gondok ini hampir melanda seluruh daerah di Indonesia, maka jelas tidak asing bagi kita bagaimana tanaman ini terpaksa diangkut dengan truk sampah dan dibuang begitu saja ke pembuangan sampah.

Padahal jika kita amati, enceng gondok adalah bahan baku murah meriah yang tersedia di alam tanpa harus susah untuk mencarinya. Bahkan dengan banyaknya populasi enceng gondok yang terdapat di sungai-sungai di berbagai daerah di Indonesia, kita tinggal memungut saja tanaman ini dan kita bawa pulang untuk kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.  

Ide kreatif jelas akan menciptakan sebuah bisnis kreatif dengan karya cipta yang inovatif. Tidak percaya?

Industri kreatif lahir dari ketatnya persaingan bisnis yang terjadi di Indonesia. Banyaknya produk yang hampir mirip dengan bahan baku yang mirip pula membuat harga bahan baku melonjak tinggi. Dengan harga bahan baku yang melonjak tersebut, diserta dengan harga jual yang tidak terlalu tinggi, maka keuntungan yang didapat jelas jauh dari harapan. Kondisi bisnis seperti ini akhirnya membuat orang-orang yang memiliki kreativitas yang tinggi mencari jalan keluar bagaimana caranya untuk menciptakan bisnis unik yang lain daripada yang lain dengan sedikit pemain. 

Ide kreatif yang satu ini akhirnya ditemukan. Ide yang lahir dengan iringan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat di negara kita ternyata bisa dengan mudah dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang langsung tanggap bahwa ada banyak potensi yang bisa kita peroleh dari alam dengan cara gratis untuk menghasilkan bisnis beromset milyaran rupiah.

Para pengrajin di beberapa kota yang tersebar di Jawa Tengah akhirnya melihat potensi enceng gondok sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan. Enceng gondok yang dijemur dan dikeringkan di bawah matahari ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai jenis dan bentuk anyaman dari tas, dompet, sandal, tikar, berbagai peralatan dapur dan rumah tangga bahkan berbagai furniture dengan kualitas yang sangat bagus dan terjamin kuatnya. 

Bisnis kerajinan enceng gondok ini pun akhirnya menggeliat bahkan dari banyak pameran yang telah dilakukan oleh para pengrajin yang sudah lebih dahulu terjun ke bisnis ini, sudah banyak yang mengirimkan produknya untuk dijual di luar negeri seperti Eropa dan Amerika. 

Peluang Bisnis Kerajinan Enceng Gondok 

Peluang bisnis ini masih terbuka sangat luas karena pelaku yang bergerak di bidang bisnis kreatif yang satu ini masih sangat terbatas. Sementara pelaku yang ada masih memanfaatkan pemasaran secara tradisional. Sementara potensi dan peluang bisnis ini sebenarnya masih bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi karena masih banyak negara-negara yang ada di luar negeri sana yang masih belum mengenal dan mengetahui berbagai produk cantik yang terbuat dari enceng gondok. 

Pasar dalam negeri pun sebenarnya masih sangat menjanjikan karena produk kerajinan dari enceng gondok ini masih sulit untuk didapatkan. Jika pun ada, harganya masih sangat mahal karena terbatasnya stok produk yang tersedia.

Mendirikan Bisnis Sendiri 

Jika kita juga ingin ikut berkecimpung dalam dunia bisnis kreatif dengan bahan dasar enceng gondok ini, maka ada banyak hal yang harus benar-benar kita perhatikan seperti: 

  • Harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan karya-karya atau kerajinan enceng gondok yang berbeda dari berbagai produk yang sudah ada di pasaran
  • Memiliki pemasok atau memiliki divisi tersendiri untuk menyediakan bahan baku enceng gondok yang jumlahnya mampu memenuhi produksi kita
  • Desain produk yang diciptakan harus mampu memikat perhatian konsumen terutama dalam hal mempercantik produk hingga dapat bersaing dengan produk kerajinan lain yang sudah ada
  • Mengetahui proses pengeringan, pembuatan, bahkan menguasai teknik penganyaman yang beraneka ragam.

Hambatan Bisnis 

Tidak ada bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah, termasuk bisnis kerajinan enceng gondok ini. Proses produksi kerajinan enceng gondok jelas akan memakan waktu yang sangat lama sehingga perhitungan waktu produksi akan mempengaruhi pula biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja. 

Untuk hasil yang baik dengan kualitas yang tahan lama, enceng gondok harus dikeringkan hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari sekitar dua hingga tiga minggu. Jika memasuki musim penghujan maka waktu penjemuran ini jelas akan memakan waktu lebih lama lagi. 

Setelah seluruh enceng gondok kering, maka setiap helai batang enceng gondok haruslah dianyam menjadi kepangan panjang yang terlihat seperti tali temali. Kepangan itulah yang nantinya akan dianyam dan dibentuk menjadi berbagai produk kerajinan. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, seluruh produk jadi tersebut masih harus melalui proses untuk mempercantik tampilannya dengan penambahan pernis yang untuk pengeringan pernis tersebut jelas akan memakan waktu beberapa hari. 

Hambatan lain yang mungkin timbul ketika cuaca sedang tidak bersahabat sehingga proses pengeringan enceng gondok yang terganggu sehingga bisa saja akan menyebabkan produksi menjadi terhambat. [MA/kabarukm.com]