Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Mengatasi pemanasan global dengan pencegahan

Kebiasaan hidup manusia modern yang tidak lagi mementingkan keseimbangan alam akan menghadirkan bencana yang mengerikan. Penebangan pohon, pembuatan gedung berkaca, polusi dan limbah yang dibuang sembaragan, hanya akan menyebabkan pemanasan global.

Sebagai manusia yang peduli lingkungan, cara mengatasi pemanasan global seperti apakah yang efektif dilakukan agar kita bisa tetap tinggal di bumi tercinta ini dalam keadaan sehat, dan tanpa ancaman bencana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan saya bagikan beberapa informasi yang mudah mudahan bisa mengantisipasi, atau setidaknya mengurangi dampak buruk dari pemanasan global (global warming). Selamat menyimak!  


Cara mengatasi pemanasan global dengan melakukan pencegahan 

Awasi penebangan hutan sembarangan 

Di Indonesia ini khususnya, ada pihak pihak kurang bertanggung jawab yang melakukan penebangan hutan secara sembarangan untuk kepentingan sendiri. Hal ini sebaiknya diawasi oleh lembaga yang berwenang, agar bisa meminimalisir jumlahnya. Hutan yang ditumbuhi dengan pepohonan yang lebat dan tinggi akan memberikan banyak manfaat untuk kita, seperti terhindar dari bencana banjir dan terjadinya erosi. Selain itu, pohon adalah makhluk yang berperan penting dalam memberikan supply oksigen bagi kita. Jika pohon ditebang, maka kadar CO2 atau karbondioksida akan lebih mendominasi udara kita dibandingkan dengan oksigen (02). Jika itu terjadi, maka peningkatan suhu bumi akan terjadi dengan sangat cepat. 

Menanam pohon 

Cara mengatasi pemanasan global dengan melakukan pencegahan selanjutnya adalah dengan menanam pohon. Pemerintah dan beberapa lembaga lingkungan perlu menggalakkan kegiatan menanam pohon untuk kebaikan bumi kita beberapa puluh tahun ke depan. Hal ini perlu dilakukan sejak saat ini, sebelum semuanya terlambat. Karena proses penanaman pohon ini tidak akan langsung terasa manfaatnya dalam beberapa tahun ke depan, melainkan beberapa puluh tahun ke depan. Jadi, tanamlah pohon untuk generasi penerus kita. 

Cara mengatasi pemanasan global dengan merubah kebiasaan 

Selain melakukan tindakan pencegahan, kita pun bisa ambil bagian dalam cara mengatasi pemanasan global, yaitu dengan merubah beberapa kebiasaan kita yang buruk sebagai berikut: 

1. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor Kendaraan bermotor memang membuat kita hidup lebih mudah dan praktis. Namun dari segi kesehatan dan ketahanan alam, hal ini kurang baik jika dijadikan kebiasaan sehari hari. Oleh karena itu, mari kita mulai untuk mengurangi pemaikaian kendaraan bermotor, dan beralih kepada sarana transportasi yang lebih sehat seperti sepeda, atau berjalan kaki untuk menuju tempat tempat yang dekat. Hal buruk yang diberikan oleh kendaraan bermotor adalah polusi yang dikeluarkannya. Output dari bahan bakar mesin tersebut adalah C02, yang berpeluang menjadikan suhu bumi menjadi lebih mudah panas. Jadi semakin sedikit penggunaannya, dan orang yang menggunakannya, maka semakin kecil peluang terjadinya pemanasa global. 

2. Mengurangi penggunaan lampu di siang hari Lampu yang terlalu lama dinyalakan, apalagi di waktu siang akan membuat panas bumi semakin meningkat. Memang cukup sepele, tetapi jika seluruh panas lampu dikumpulkan dari setiap penduduk bumi, maka berapa suhu panas yang akan terkumpul. 

Oleh sebab itu, mari kita biasakan menyalakan lampu secukupnya. Dan hindari penggunaan lampu pada siang hari. Jangan tunggu sampai bumi kita hancur jika kita mau melakukan berbagai upaya diatas. Waktu akan terus berjalan, dan jika kebiasaan dan keserakahan kita terhadap bumi ini tidak dipertimbangkan dengan akal sehat, maka tunggulah bencana yang akan datang. Sebelum itu terjadi, mari kita lakukan cara mengatasi pemanasan global yang dijelaskan di atas, mulai dari sekarang, mulai dari hal yang terkecil, dan mulai dari diri sendiri.