Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Gurano Bintang si Hiu Paus Penguasa Lautan

Hiu Paus (Rhincodon typus) atau Gurano Bintang Hiu Paus adalah spesies ikan yang terbesar dan bukanlah paus. Hiu ini di duga dapat tumbuh sampai 18-20 m, walaupun sangat jarang ditemukan spesies yang berukuran di atas 12 m dengan bobot 20 ton. Walaupun ukurannya besar, hiu ini cenderung jinak dan tidak berbahaya untuk manusia. Memiliki kulit setebal 2 mm yang berwarna abu-abu yang dihiasi totol-totol putih. Menurut para ilmuwan, pola totol-totol itu dianggap unik untuk masing-masing individu dan dapat digunakan sebagai identifikasi hiu paus.

PENYEBARAN DAN TEMPAT TINGGAL (HABITAT)  

Hiu Paus dapat ditemui diperairan tropis dan subtropics yang hangat (18-30 derajat celcius) kecuali di laut Mediterrania. Hiu Paus biasa bermigrasi atau melakukan perjalanan jauh. Ada dugaan bahwa individu-individu hiu paus yang ditemui di Ningaloo Reef, Australia bermigrasi ke Filipina melalui Indonesia. Di Indonesia, hiu paus ditemui di perairan Sabang, Situbondo, Bali, Nusa Tenggara, Alor, flores, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Di daerah Probolinggo, Jawa Timur kehadirannya bersifat musiman (Januari- Maret), sementara di Kwatisore, Teluk Cenderawasih Papua Barat yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) hiu paus hadir sepanjang tahun.

MAKANAN DAN CARA MAKAN

Berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya, ukuran makanan hiu paus sangat kecil. Tipe makananya meliputi plankton, telur ikan, dan ikan-ikan kecil yang biasanya berkelompok, seperti ikan teri. Hiu paus adalah filter feeder atau tipe pemakan yang menyaring makanannya dari air. Karena cara makannya, hiu ini sering dijumpai di dekat permukaan, berenang lambat (5 km/jam) dengan mulut terbuka. 

CARA BERKEMBANG BIAK (REPRODUKSI) 

Bersifat ovovivipar, embrio hiu paus berkembang di telur dalam tubuh induknya. Setelah telur menetas, barulah individu itu keluar dari tubuh induknya dengan panjang sekitar 60 cm. Hiu paus baru matang secara seksual ketika panjang tubuhnya mencapai 9 m atau usianya mencapai 30 tahun. Karena itu, hiu paus termasuk hewan berumur panjang yang diduga dapat hidup sampai 100 – 150 tahun.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MELINDUNGI GURANO BINTANG 

  • Tidak merusak kehidupan laut seperti tidak membuang sampah ke pantai dan laut
  • Tidak merusak dan mengambil terumbu karang serta tidak memakai bom untuk menangkap ikan
  • Menjaga sumber makanan (ikan puri atau ikan teri dan plankton) agar tetap tersedia
  • Jangan menangkap secara berlebihan
  • Tidak mengonsumsi daging gurano bintang dan gurano lainnya
  • Tidak menyiksa atau melukai gurano bintang, meskipun tersangkut di jaring nelayan
  • Mengajak sanak keluarga, teman dan masyarakat untuk mencintai hiu paus dan ekosistem laut. 

(Sekolahalamdigital.org/Dari berbagai sumber)