Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

ESD dalam perspektif PNFI

Pengembangan berkelanjutan (sustainable development) adalah sebuah perubahan, perkembangan atau pengembangan meliputi kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan secara simultan, berkesinambungan sehingga menghasilkan kondisi tentram, aman, nyaman baik di masa sekarang maupun yang akan datang.

Sedangkan Pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan ( Education for Sustainable Development selanjutnya disebut EfSD) adalah sebuah paradigma baru dibidang pendidikan yakni pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang utamanya generasi muda untuk berkontribusi secara nyata bagi pengembangan berkelanjutan. Pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting bagi semua bangsa (dunia) dan tidak bisa ditunda lagi. Tanggungjawab setiap bangsa untuk melakukan upaya penyadaran dan membangun sebuah komunitas bangsa yang mendukung bagi pengembangan berkelanjutan.

Tema ini sangat penting karena menyisipkan muatan EfSD kedalam program-program PNFI merupakan kebijakan baru di bidang PNFI. Kebijakan baru ini harus terus disosialisasikan kepada segenap jajaran birokrasi di lingkungan PNFI baik pusat maupun daerah, stake holder, akademisi, lembaga PNFI, organisasi mitra, praktisi dan tokoh masyarakat. Melalui tulisan ini, diharapkan dapat tercipta pemahaman yang memadai khususnya bagi tenaga pendidik dan kependidikan PNFI tentang konsep EfSD dan bagaimana implementasinya dalam penyelenggaraan program-program PNFI.

Untuk lebih detailnya silahkan download