Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Hutan Mangrove, sumber kehidupan

Pohon mangrove termasuk pohon yang berumur panjang. Tanaman itu hidup di tempat yang berlumpur dan sedikit mengandung pasir. Pohon mangrove juga akan hidup bila tergenang air laut pada saat air pasang. Akarnya memiliki pori-pori untuk menyesuaikan hidup di daerah yang tergenang air laut dengan pasokan oksigen yang sedikit.

Banyak sekali hewan yang hidup di dalam lebatnya hutan mangrove.Akar-akarnya menjadi pelindung biota pantai seperti ikan, kerang, kepiting dan hewan laut lainnya. Lebatnya daun menjadi tempat bertengger bagi burung-burung pantai. Buah dan pucuk daun mudanya menjadi makanan satwa bagi liar seperti monyet. Batang atau kayu serta buah pohon mangrove banyak dimanfaatkan oleh manusia. Manusia pun sangat senang dengan adanya hutan bakau. Daratan akan terlindungi dari gelombang besar atau tsunami. Ikan, udang, kepiting juga sangat melimpah ketika mencarinya di sekitar hutan bakau. Karna itu hutan bakau banyak disebut sebagai sumber kehidupan. Sumber kehidupan yang sangat bermanfaat bagi hewan, tumbuhan sertamanusia.  

PENJAGA ALAM 

Hutan mangrove merupakan hutan di antara lautan dan daratan. Tanaman mangrove hidup bergantung dengan pasang surutnya airlaut. Tanaman mangrove juga ditemukan di sekitar pantai.  

Tahukah kalian bahwa hutan mangrove atau hutan bakau dikenal sebagai penjaga alam. Ya, karena banyak hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Lebatnya hutan dijadikan tempat perlindungan dan mencari makan berbagai jenis flora dan fauna. Disamping itu lebatnya akar pepohonan bakau merupakan pelindung alami dari deburan ombak yang mampu merusak daratan. Rimbunnya pepohonan di dalam hutan mangrove juga mampu menahan terjangan angin laut yang bertiup kencang ke arah daratan. Kerena itulah hutan mangrove disebut juga sebagai penjaga alam. 


Bila kita menjaga hutan bakau berarti juga kita ikut menjaga alam dan lingkungan. Karena manusia, hewan serta tumbuhan banyak tergantung pula pada hutan mangrove. Nah untuk lebih jelas dan lengkapnya tentang apa itu ekosistem hutan mangrove, manfaat serta ancamanya, para pembaca dapat mengunduh dalam e-book berjudul Mengenal dan Hutan Mangrove. Download