Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Tips merencanakan perjalanan

Melakukan sebuah perjalanan dengan tujuan pendakian memerlukan suatu perencanaan perjalanan yang matang, bukan hanya menentukan destinasi dan waktu. Perencanaan yang matang akan mengurangi resiko untuk terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebuah perencanaan pendakian sebaiknya diketahui oleh semua anggota tim pendakian. Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum perjalanan pendakian dimulai.

JUMLAH ANGGOTA. Sebuah perencanaan perjalanan pendakian akan sangat dipengaruhi oleh jumlah anggota yang mengikuti perjalanan tersebut. Jumlah anggota yang ikut serta dalam perjalanan tersebut akan menentukan berbagai hal lain dalam sebuah perencanaan pendakian, mulai dari rute pendakian hingga biaya yang harus dikeluarkan dalam sebuah perjalanan pendakian. Dalam sebuah kelompok perjalanan pendakian hendaknya sang perencana telah melakukan orientasi atas kemampuan dasar setiap anggota yang akan megikuti perjalanan pendakian tersebut. 

Setiap orang akan memiliki kemampuan dasar yang berbeda untuk melakukan sebuah perjalanan pendakian. Dalam suatu perjalanan pendakian harus dipilih orang-orang yang memiliki keahlian tertentu dalam pendakian yang nantinya akan memudahkan perjalanan dan kehidupan sepanjang pendakian.

ACARA DALAM PENDAKIAN. Perencanaan pendakian yang dilengkapi dengan sebuah acara yang tersusun dengan baik akan membuat kita lebih menikmati acara pendakian tersebut. Acara yang dibuat dapat berupa kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik untuk alam maupun untuk setiap anggota pendakian. Tujuan dalam sebuah pendakian akan menjadi patokan untuk menyusun acara pendakian tersebut. Rencana acara pendakian disusun dengan baik dan menyertakan perkiraan waktu dan tempat. Sebaiknya sebuah acara pendakian juga diketahui oleh orang yang kita percayai namun tidak ikut serta dalam acara pendakian tersebut, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga akan lebih mudah untuk melakukan pertolongan.

LOKASI DAN CUACA. Pemilihan lokasi pendakian sangat penting dilakukan. Pengetahuan akan gunung yang akan didaki harus digali sedalam mungkin. Cara yang cukup baik adalah dengan mempelajari catatan perjalanan orang lain yang pernah mendaki gunung tersebut atau dengan mengajak orang yang pernah mendaki gunung tersebut. Semua informasi yang lengkap mengenai gunung yang akan didaki harus diketahui oleh anggota pendakian, termasuk akses untuk menuju pos pendakian.

Perijinan untuk melakukan pendakian juga harus tercatat ke dalam perencanaan. Jika memungkinkan, lakukanlah survey terlebih dahulu untuk lebih memantapkan rencana pendakian. Cuaca adalah faktor yang tak kalah penting dalam melakukan pendakian. Cuaca juga merupakan faktor yang cukup sulit untuk diperkirakan. Pilihlah tanggal pendakian di musim kemarau untuk menghindari bahaya akibat terjadinya hujan yang menyebabkan jalur pendakian menjadi licin.

BIAYA. Perencanaan perjalanan yang baik disertai dengan perincian perkiraan biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan pendakian. Namun, tetap harus dibuat estimasi biaya yang ada di luar ekspektasi untuk mengantisipasi adalah perubahan yang ada di luar estimasi biaya pendakian.

PERALATAN. Jangan lupa untuk melakukan perincian peralatan dalam sebuah rencana perjalanan pendakian. Peralatan pribadi kelompok harus terinci dengan baik dan disesuaikan dengan rute dan lama pendakian.

PERSIAPKAN DIRI UNTUK HAL YANG TAK TERDUGA. Hal apapun bisa terjadi di alam bebas. Selalu ada kemungkinan untuk terjadinya hal-hal di luar perencanaan yang telah kita buat. Misalnya rute yang berubah, peserta yang sakit, cuaca yang memburuk, atau peralatan yang rusak. Untuk menghadapi hal semacam itu hendaknya kita sudah mempersiapkan diri dengan mengantisipasi semua kemungkinan tersebut.

Perencanaan adalah hal yang penting dalam sebuah perjalanan pendakian. Dengan adanya perencanaan yang matang, sebuah perjalanan pendakian dapat dilakukan dengan resiko yang lebih kecil. Source; wisatagunung.com