Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Tips menggunakan sleeping bag

Sleeping bag atau kantong tidur memang erat kaitannya dengan kegiatan outdoor, memilih sleeping bag yang tepat hanya separuh cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu ada ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penggunaannya sebagai berikut.

ALAS TIDUR/MATRAS/SLEEPING MAT

Tanah yang dingin dapat dengan mudah menyedot panas tubuh tidak peduli seberapa bagusnya sleeping bag yang digunakan. gunakanlah alas tidur yang baik sebagai isolator panas tubuh saat tidur.  

ANGIN. Pada cuaca berangin, suhu 5 derajat celsius pun akan terasa seperti nol derajat. Kurangilah efek paparan angin dengan tidur di dalam tenda, bivak, atau bahkan berlindung pada batu besar.

PAKAIAN DASAR. Maksudnya pakaian yang melekat di tubuh, perhatikan saat tidur pakaian yang digunakan haruslah dalam keadaan kering untuk menambah daya isolasi panas tubuh. Gunakan pakaian tambahan pada bagian kaki khususnya seperti kaos kaki.  

TOPI/KULPUK. Kepala adalah satu satunya anggota tubuh yang terekspos keluar. Kepala yang kedinginan akan dengan mudah membuang panas tubuh di bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, tidak salah tentunya bila Anda menggunakan kupluk untuk menahan panas tubuh di bagian kepala.

MAKAN. Tubuh membutuhkan energi yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan luar ruangan yang berat. Jadi makan yang baik menjadi kunci tubuh untuk menghasilkan panas. So, jangan lupa makan yaa.. wink emoticon  

MINUM AIR PUTIH DAN HINDARI ALKOHOL. Pastikan tubuh tidak kekurangan cairan dengan minum sebelum tidur. Seperti makan, tubuh yang dehidrasi tentunya tak akan menghasilkan panas tubuh yang baik. Jadi hangatkan tubuh dengan segelas kopi atau teh panas sebelum beranjak masuk ke dalam sleeping bag. Satu lagi hal yang perlu diperhatikan, hindari konsumsi alkohol. Walaupun ada sensasi hangat saat mengkonsumsi minuman beralkohol, tapi kemudian alkohol akan mengurangi panas tubuh Anda.

JAGALAH AGAR TETAP KERING. Pakaian sama fungsinya dengan sleeping bag, mempertahankan panas tubuh. Jadi pastikan sleeping bag serta pakaian yang dikenakan saat tidur berada pada keadaan kering. Bungkus sleeping bag dan pakaian agar terhindar dari resiko basah saat di perjalanan. Karena sleeping bag tidak memproduksi panas, itu hanya mempertahankan panas tubuh kita. Source; deuter.com/DE/en/tips-for-sleeping-bags-816.html