Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Tips mengatasi dingin di gunung

Suhu dingin di Gunung sangat berbeda dengan suhu dingin di tempat lainnya seperti dibawah tempat kita tinggal. Biasanya kondisi dingin di gunung akan semakin dinging saat malam hingga menjelang subuh. Suhu dingin di gunung juga dapat dipengaruhi oleh musim, contoh seperti musim hujan kecenderungan dingin di gunung berkurang dan di musim kemarau suhu di gunung akan sangat dingin.

Tetapi paradigma itu tidak selamanya benar karena dingin dalam kondisi hujan juga sangat menyiksa, penulis bilang menyiksa karena kondisi kita basah, kena angin dan suhu dingin, hal ini dapat menyebabkan kondisi tubuh cepat drop. 

Cara mengantisipasi kondisi dingin basah adalah dengan menyiapkan pakaian ganti kering untuk digunakan saat sampai di camping area, menggunakan rain coat/ponco yang tidak mudah ditembus oleh rembesan air dan dilapisi dengan jaket tambahan.

Berbeda dengan suhu dingin saat musim kemarau, suhu dingin saat musim kemarau memang sangat dingin tetapi tidak basah, hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan busana pendakian yang sesuai seperti jaket cold proof berbahan polar, celana panjang, kupluk, kaos kaki, sarung tangan.

Untuk beberapa gunung, suhu bisa mencapai 0 derajat, dan suhu ekstrem di gunung sangat berbahaya jika tidak pandai mengantisipasinya dengan baik. Biasanya dalam pendakian gunung, untuk melawan suhu dingin, kita akan memakai jaket yang tebal dan membuat api unggun, tetapi apakah cara ini saja sudah cukup membantu?

Setiap pendaki memiliki daya tahan tubuh yang berbeda terhadap kondisi suhu yang dingin, banyak pendaki yang mempunyai penyakit alergi terhadap dingin, bila terkena hawa atau suhu yang dingin tubuh mereka langsung timbul bintik-bintik merah di sekujur tubuhnya. Biasanya penyakit terjadi jika berada di tempat yang dingin, untuk menghilangkan bintik-bintik tersebut setiap penderita mempunya cara tersendiri seperti mengoleskan minyak kayu putih atau sejenisnya yang bisa membuat hangat, dan sebaiknya jangan menggunakan obat oles balsam karena akan menambah rasa dingin tersebut karena balsam mengandung Zat Menthol yang memiliki kecendurang rasa dingin.

Suhu yang dingin di gunung dapat menyebabkan penyakit hiportemia, penyakit hiportemia adalah kehilangan panas tubuh karena kondisi yang sangat dingin di tubuh seseorang. Dalam kondisi parah korban dapat merasakan rasa panas dan kehilangan kontrol. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Sudah sering terdengar kabar pendakia tewas karena kedinginan di gunung. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh suhu dingin, tips berikut ini semoga dapat membantu teman-teman sekalian.

Tips-tips untuk menghadapi dan menghilangkan rasa dingin di atas gunung:

- Menggunakan pakaian kering dan tebal seperti jaket, celana panjang, kaos kaki, kupluk dan sarung tangan.

- Melakukan penyesuaian terhadap suhu dingin (Aklimatisasi) sebelum pendakian atau saat di camping ground.

- Membuat minuman hangat. 

- Hindari minuman keras karena dapat berakibat fatal. Alkohol yang terkandung di dalam minuman keras dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat menjadi lebih lancar sehingga menimbulkan rasa hangat, namun alkohol dapat menghilangkan kesadaran. Kehilangan kesadaran saat berada di tempat tidak lazim seperti gunung lebih berbahaya dari pada kondisi dingin di gunung.

>> Makan mananan hangat yang mengandung protein dan karbohidrat seperti nasi, ayam, telor, mi instan dan lain sebagainya, jenis makanan seperti yang disebutkan dapat memberikan rasa hangat dan kondisi badan tetap terjaga di suhu dingin.

>> Hindari menggunakan pakaian yang tidak dapat menahan dingin dengan sempurna seperti jeans, selain berat juga saat tidak baik digunakan dalam kondisi basah.

>> Istirahat yang cukup, berjalan sesuai kemampuan daya tahan tubuh karena jika kurang istirahat dapat membuat kesadaran semakin berkurang, hal ini dapat menyebabkan efek dingin yang semakin terasa menusuk.

Tips tidur di gunung:

>> Jagalah pakaian yang dibutuhkan untuk tidur tetap dalam kadaan kering.

>> Tidur menggunakan sleeping bag disarankan sleeping bag yang berbahan polar atau bulu angsa.

>> Hindari tidur di luar tenda, walaupun menggunakan sleeping bag badan berhadapan langsung dengan suhu dingin diluar.

>> Menggunakan alas tenda yang memadai seperti matras standar atau matras alumunium.

>> Makan sebelum tidur untuk menjaga kehangatan.

>> Menggunakan pakaian kering, kaos kaki, kupluk sarung tangan dan jaket cold proof.

>>Tidur berdempetan dengan teman satu tenda juga dapat memberikan rasa hangat.

Ada yang mau menambahkan? sumber: ase7adventure.wordpress.com