Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Tips menentukan jumlah air yang dibawa dalam pendakian

Air adalah salah satu barang terberat dalam ransel kita, namun juga merupakan salah satu yang terpenting yang harus kita bawa dengan jumlah tepat saat pendakian dilakukan. Bahaya kekurangan air atau dehidrasi akan sangat mengganggu kelancaran pendakian yang anda lakukan. Membawa air terlalu sedikit akan menyebabkan dehidrasi yang membuat anda pusing, kurang bertenaga, dan mudah marah. Terlalu banyak air akan menambah beban yang mesti anda pikul sepanjang perjalanan. Maka dari itu, penting untuk menentukan jumlah air yang cukup untuk anda bawa selama pendakian berlangsung. Kami akan memberikan beberapa tips untuk menentukan jumlah air yang harus dibawa saat pendakian.


Perhatikan Jumlah Anggota

Saat mendaki sendiri atau solo, akan lebih mudah menentukan jumlah air yang mesti anda bawa selama pendakian, karena anda pasti tahu sebanyak apa biasanya air yang anda butuhkan selama pendakian. Lain halnya jika mendaki secara grup, setiap anggota grup anda pastinya memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Biasanya setiap orang membutuhkan 2-3 liter air, kalikan saja dengan jumlah anggota anda, kemudian tambah juga dengan kebutuhan memasak dan sebagai cadangan.

Perhatikan Waktu Perjalanan dan Cuaca

Panjang waktu perjalanan yang anda lakukan adalah salah satu faktor utama untuk menentukan jumlah air yang perlu anda bawa. Untuk waktu perjalanan yang pendek, anda bisa mengurangi jumlah air yang anda bawa. Namun jika waktu perjalanan panjang sampai berhari-hari, anda perlu menambah cadangan persediaan air anda. Cuaca juga perlu diperhatikan, jika mendaki di medan terbuka saat cuaca sangat panas, tubuh anda membutuhkan lebih banyak cairan guna menghindari dehidrasi.

Ketahui Sumber Air yang Ada

Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Bagaimana rasanya jika anda telah berlelah-lelah membawa persediaan air untuk seluruh perjalanan anda, namun ternyata anda menemukan sumber air lainnya sebelum anda sampai di puncak, anda pasti kesal. Untuk mengantisipasi hal itu, pelajari gunung yang anda daki, tanyakan pada pendaki lain yang lebih berpengalaman mengenai sumber air di gunung yang anda daki. Setelah mengetahui semua sumber air yang ada, anda akan lebih nyaman dalam menentukan jumlah air yang harus dibawa. Source; bluetripper.com/…/tips-menentukan-jumlah-air-yang-harus.html