Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Unsur 5H + 1W untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi

Banyak siswa mengeluh saat pembelajaran puisi dimulai. Berbagai macam alasan dikemukakan siswa mengenai sulitnya membuat puisi. Disinilah kreativitas guru dituntut. Lalu apa hubungannya dengan unsur 5W+1H? Sekolah kami dibangun di atas tanah seluas enam hektar. Di sana terdapat tiga sekolah, yaitu SD, SMP, dan SMA. Lingkungan sekolah kami termasuk lingkungan yang bersih dan asri. Pihak sekolah mempekerjakan beberapa cleaning service dan menyediakan tong sampah dalam jumlah yang lumayan banyak agar siswa tidak membuang sampah sembarangan. Di kompleks itu juga ditanami berbagai jenis tanaman bunga dan pepohonan yang menunjang keasrian lingkungan sekolah.

Bukan hanya kami yang mengakui hal itu, namun guru-guru dari sekolah lain yang pernah mengikuti pelatihan di sekolah kami juga mengakui hal tersebut. Sementara itu banyak kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis puisi, termasuk siswa-siswa saya. Salah satu kendala itu adalah kesulitan siswa dalam menuangkan idenya ke dalam puisi. Kesulitan itu disebabkan karena kurangnya penguasaan kosa kata yang akan digunakan agar nilai estetik puisi yang akan ditulis tidak berkurang.

Di sinilah dituntut kreativitas seorang guru untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kendala tersebut. Salah satu cara yang saya gunakan untuk meminimalisir kendala yang dialami siswa adalah dengan cara mengolaborasikan pembelajaran menulis berita dengan menulis puisi. Selain itu, saya juga memanfaatkan lingkungan sekolah untuk mengajak siswa belajar di taman tersebut. Dalam proses pembelajaran ini, saya mengajak siswa untuk menulis puisi di taman dengan menggunakan unsur 5W+1H. Unsur 5W+1H itu merupakan materi yang terdapat dalam berita. Unsur inilah yang saya intruksikan kepada siswa untuk digunakan dalam pembelajaran puisi.

Tujuannya, untuk memudahkan siswa dalam menulis puisi. Dengan bimbingan guru, siswa diajak keluar kelas dan guru membagikan kartu 5W+1H. Guru meminta siswa agar menuangkan gagasannya ke dalam puisi dengan menggunakan unsur 5W+1H.

Ternyata setelah pembelajaran berlangsung, semua siswa dapat menulis puisi dengan baik. Artinya, hal yang selama ini menjadi kendala siswa untuk menulis puisi dapat diatasi dengan model pembelajaran tersebut. Hasil karya siswa dinilai oleh guru. Beberapa karya terbaik diserahkan kepada pihak pengelola mading untuk dipajangkan. (wapikweb.org)

CONTOH PERMASALAHAN:

Masalah/Latar belakang – Mengapa praktik yang baik ini dianggap penting?

  • Banyak siswa mengeluh saat pembelajaran puisi dimulai. Berbagai macam alasan diberikan siswa mengenai sulitnya belajar puisi. Alasan yang sering diberikan adalah: 
    • Mereka mengalami kesulitan untuk mengungkapkan gagasan/idenya dalam bentuk puisi
    • Siswa sulit untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk menuangkan gagasannya dalam bahasa puisi. 

Tujuan praktik yang baik: 

  • Menulis gagasan yang ditemui di lingkungan menjadi puisi. 

Penjelasan: strategi, proses/langkah kegiatan/sumber atau materi yang dibutuhkan: 

  • Setiap siswa mendapatkan kartu 5W+1H 
  • Siswa diajak untuk belajar di alam terbuka 
  • Siswa menuangkan unsur 5W+1H yang ditemukan di luar kelas ke dalam bentuk puisi. 

Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik: 

  • Hasil akhir yang dicapai siswa dalam menulis puisi sangat memuaskan
  • Siswa mendemonstrasikan karyanya di depan guru dan teman-teman
  • Beberapa karya terbaik diserahkan kepada pihak pengelola mading sekolah untuk dipajangkan.