Studi & Publikasi

sekolahalamdigital.org

Kewirausahaan


Kami siap melayani anda dalam jasa foto, video, desain grafis dan percetakan serta pembuatan buku. Hubungi kami di Telp/sms/WA:

0812-8523-6156

0813-1072-2645

Follow Us


Pengunjung

 free web counter Counter Powered by RedCounter

Pentingnya konsep foto dalam membuat potret bersama

Abadikan moment yang terindah dengan keluarga, kawan, saudara atau rekan kerja dengan foto bersama. Namun ada baiknya kita menjaga kaidah-kaidah foto bersama itu agar hasilnya oke banget, berkesan atau mampu menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Berikut ini beberapa tips sederhana.

1. Posisi kamera. Usahakan jangan terlalu dekat dengan subyeknya. Karena bila terlalu dekat, maka terpaksa kita akan zoom out atau memakai lensa yang terlalu lebar karena bila terlalu lebar, maka bentuk muka orang yang berada di pinggir akan distorsi / berubah bentuk. Lensa kit dengan rentang fokal 18-50mm banyak dipakai sebagai alat untuk mengabadikan foto bersama ini. Bila tempat memungkinkan, usahakan memakai fokal lensa minimal 30-50mm.


2. Mengatur anggota kelompok. Cobalah mengatur anggota kelompok agar berdekatan Tujuannya supaya komposisinya lebih bagus dan tidak ada celah-celah antar orang. Selain itu juga berguna untuk membantu pemerataan distribusi cahaya bila memakai lampu kilat. Namun yang perlu diperhatikan adalah bila terlalu dekat, ada potensi orang-orang yang tertutup bayangan.

3. Komposisi. Komposisi foto grup merupakan salah satu faktor penting yang membuat foto terlihat lebih baik. Salah satu komposisi yang saya pikir solid, adalah segitiga. Caranya, kita mengatur orang yang berpostur paling tinggi di tengah kemudian yang paling pendek di bagian pinggir. Atau sang pemotret dapat menentukan komposisi yang lain sesuai dengan konsep foto. Yang penting dalam komposisi foto bersama adalah keseimbangan gambar. Hal tersebut harus dilihat dari bentuk tubuh (tinggi, rendah), gender (pria atau wanita), ataupun warna kostum ataupun property yang dipakai.

4. Menyeimbangkan cahaya. Bila di dalam ruangan yang agak gelap, dan kita terpaksa mengunakan lampu kilat, jangan lupa untuk menyeimbangkan cahaya flash dengan ruangan. Bila tidak diseimbangkan, latar belakang akan terlalu gelap dan suasananya akan hilang. Caranya tidak susah, yaitu dengan melambatkan shutter speed sehingga cahaya lingkungan bisa terekam. Saat memakai shutter speed yang relatif lambat, jangan lupa memegang kamera dengan steady atau mengunakan penyangga seperti tripod.

5. Pakai teknik pantul. Bila memotret di dalam ruangan, kita bisa memakai tehnik cahaya pantl dari lampu blitz. Hal itu berlaku jika memakai flash eksternal yang bisa diputar kepalanya, kita kemungkinan bisa mengunakan teknik pantul.istilahnya flash di bounching ke atas langit-langit yang berwarna berwarna putih dan tidak terlalu tinggi. Hasilnya kita bisa memantulkan cahaya sehingga cahaya yang jatuh ke subjek foto menyebar secara lembut.

6. Tehnik Strobist. Lebih baik lagi bila kita bisa memisahkan flash dengan kamera. Dengan memisahkan flash dengan kamera, kita bisa mengarahkan cahaya sehingga wajah tampak berdimensi. Bila kita merasa cahaya yang jatuh terlalu keras, kita bisa memanfaatkan payung fotografi. Hal ini dikenal dengan tehnik strobist.

7. Mencari tempat teduh. Bila kita berada di luar ruangan, jangan lupa mencari tempat yang teduh sebagai lokasi pemotretan. Pastikan cahaya matahari tidak langsung menyinari wajah karena bisa menyilaukan. Bila cahaya matahari di belakang, seringkali kita perlu bantuan tambahan cahaya dari lampu kilat supaya subjek foto tidak menjadi gelap.

8. Membuat konsep foto yang menarik. Tentukan konsep foto yang menarik dan unik. Terserah saja si pemotret atau sesuai dengan kesepakatan orang-orang yang difoto. Konsep atau ide foto manjadi bagian yang sangat penting. Apakah mau berfoto serius, gaul, narsis, glamour atau apapun idenya. Yang penting orang yang difoto dan sang fotografer nyaman melakukannya. Disamping itu juga konsep foto sangat berkaitan dengan alat utama (kamera dan blitz) serta pendukung lainnya seperti kostum, lokasi,dan sebagainya. Nah,selamat mencoba! (CitraMediaStudio & sekolahalamdigital.org)